TY - THES Y1 - 2023/01/03/ KW - HOTS-oriented KW - model pembelajaran KW - sikap ilmiah KW - sinektik ID - UNY76976 AV - restricted TI - Pengembangan Model SHO (Synectic HOTS- Oriented) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Sikap Ilmiah Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA. PB - Program Pascasarjana A1 - Kurniawan, Eko Setyadi A1 - Mundilarto, Mundilarto M1 - disertasi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model SHO (Synectic HOTS-Oriented) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah pada peserta didik pada pembelajaran fisika, (2) menghasilkan model pembelajaran yang valid, (3) praktis, dan (4) efektif. Model ini merupakan model inovatif dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajara fisika. Penelitian ini menggunakan desain research and development model Borg & Gall, yang meliputi (1) mengumpulkan informasi, (2) menyusun rancangan model, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji coba awal, (5) merevisi produk awal, (6) melakukan uji coba terbatas, (7) merevisi produk dari hasil uji awal, (8) melakukan uji coba luas, (9) merevisi produk akhir, dan (10) mengimplementasikan dan mendesiminasikan produk. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi, tes HOTS, dan angket sikap ilmiah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri di kabupaten Purworejo. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, uji n-gain, uji signifikansi, serta uji analisis kecocokan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan suatu konsep model SHO yang disusun berdasarkan blue print pengembangan model, (2) model SHO memenuhi kriteria valid secara konstruksi dan isi berdasarkan hasil penilaian ahli terhadap teori pendukung, sintaks model, pengelolaan kelas, dan tujuan model dengan kriteria valid. (3) Model SHO yang dihasilkan memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil uji kepraktisan terhadap keterlaksanaan RPP (sangat baik), LKPD (baik), bahan ajar (baik), penilaian HOTS (tinggi), dan lembar penilaian sikap ilmiah (baik). (4) Model SHO efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran fisika dilihat dari perbedaan skor yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam peningkatan skor, dan kecocokan model. UR - http://eprints.uny.ac.id/76976/ ER -