TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/76948/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Game To the Left pada peserta didik kelas V SD Negeri Sumberdukun, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah PTK secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian menggunakan model Kimmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri Sumberdukun yang berjumlah 10 peserta didik, terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penulisan menunjukkan bahwa metode Game To the Left dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri Sumberdukun, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM. Pada pra tindakan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 4 peserta didik atau sebesar 40%, siklus I peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 8 peserta didik atau sebesar 80%, pada siklus II meningkat menjadi 9 peserta didik atau sebesar 90% peserta didik kelas V tuntas belajar. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari peserta didik yang lebih aktif, komunikatif, percaya diri dan suasana pembelajaran lebih menyenangkan. M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME TO THE LEFT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SUMBERDUKUN PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Aprilia, Dhini Putri AV - restricted ID - UNY76948 KW - Hasil belajar IPS KW - metode Game To the Left Y1 - 2023/01/16/ ER -