%0 Thesis %9 S1 %A Pramesti, Anisa Ayu %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B PGSD %D 2023 %F UNY:76907 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K media kartu huruf, literasi dalam pembelajaran, kemampuan membaca permulaan %T PENGARUH MEDIA KARTU HURUF DAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SD KELAS I GUGUS MERBABU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG %U http://eprints.uny.ac.id/76907/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh literasi dalam pembelajaran terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. (3) Mengetahui efektivitas penggunaan media kartu huruf dan literasi dalam pembelajaran terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa dan guru kelas I SD se-Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, yang terdiri dari 145 siswa dan 8 guru kelas I. Sampel penelitian terdiri sari 110 siswa dan 6 guru kelas I Gugus Merbabu. Sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan skala dan tes kemampuan membaca permulaan. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa SD kelas I, dibuktikan dengan perolehan nilai pada uji T ThitungX1= 4.274 > Ttabel= 2.005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, (2) penerapan literasi dalam pembelajaran berpengaruh pada kemampuan membaca siswa SD kelas I dibuktikan dengan hasil uji hipotesis ThitungX2= 3.375 > Ttabel= 2.005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, (3) penggunaan media kartu huruf dan penerapan literasi dalam pembelajaran cukup efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SD kelas I, dibuktikan dengan hasil uji N-Gain score sebesar 63.8% atau pada kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf dan penerapan literasi dalam pembelajaran terhadap kemampuan membaca permulaan siswa SD kelas I Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung baik secara parsial maupun simultan.