%0 Thesis %9 S1 %A Pinandita, Bagus Satria %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B PGSD %D 2023 %F UNY:76870 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K Media pembelajaran interaktif, Flash, Kegiatan ekonomi, Ragam pekerjaan, siswa kelas IV SD %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN KELAS 4 SD NEGERI 1 KARANGSARI %U http://eprints.uny.ac.id/76870/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis flash materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan yang layak digunakan pada materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan untuk membantu siswa kelas IV SD N 1 Karangsari. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan tujuh langkah, yaitu penelitian dan pengembangan informasi awal, perencanaan pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 29 siswa kelas IV SD N 1 Karangsari. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, penilaian media bagi ahli materi dan media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis flash layak dan mempunyai kualitas tinggi, sehingga dapat digunakan di sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor ratarata 4,00 memiliki tingkat validitas dan kualitas “layak”.. Hasil validitas dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,25 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan awal pada guru memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat layak”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 4,16 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan utama pada guru memperoleh skor rata-rata 4,45 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat layak”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat layak”. Jadi, Media pembelajaran interaktif berbasis flash layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.