TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan Alat Permainan Edukatif MOJURRE, menghasilkan alat permainan edukatif MOJURRE yang layak, dan mengetahui kinerja Alat Permainan Edukatif MOJURRE dalam meningkatkan karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri Jati. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi 9 dari 10 langkah model pengembangan Borg and Gall, yaitu Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan draf produk awal, Uji coba lapangan awal, Revisi hasil uji coba, Uji lapangan produk utama, Revisi produk akhir, Uji operasional, dan Penyempurnaan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Materi pada alat permainan ini terdiri dari indikator-indikator tata tertib sekolah. Subjek uji coba merupakan 6 siswa kelas IV di SD Negeri Jati. Hasil penelitian Alat Permainan Edukatif MOJURRE (Monopoli Jumping Star Reward) layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media yang mendapatkan nilai dengan kategori sangat layak. Selain itu, uji coba terhadap siswa memperoleh nilai kategori sangat layak dan skala respon guru memperoleh nilai kategori sangat layak. Hasil akhir dalam penelitian menunjukkan bahwa Permainan MOJURRE dapat meningkatkan karakter disiplin siswa. UR - http://eprints.uny.ac.id/76869/ KW - Alat permainan edukatif KW - Monopoli KW - Disiplin ID - UNY76869 Y1 - 2023/01/09/ A1 - Dewi, Sinta Sukma TI - PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MOJURRE (MONOPOLI JUMPING STAR REWARD) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI JATI PB - Fakultas Ilmu Pendidikan AV - restricted ER -