TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/76866/ KW - Kata kunci : gerakan literasi sekolah KW - peran guru sebagai motivator KW - dan minat baca AV - restricted TI - HUBUNGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI SE-GUGUS II KECAMATAN NGAWEN ID - UNY76866 M1 - skripsi A1 - Novitasari, Rahma PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) hubungan gerakan literasi sekolah dengan minat baca, 2) hubungan peran guru sebagai motivator dengan minat baca, dan 3) hubungan gerakan literasi sekolah dan peran guru sebagai motivator dengan minat baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD/MI di gugus II Kecamatan Ngawen sebanyak 119 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh sehingga seluruh jumlah populasi dijadikan sebagai responden yaitu 119 orang. Data dikumpulkan melalui angket dengan skala gerakan literasi sekolah, peran guru sebagai motivator, dan minat baca. Uji validitas instrumen diujicobakan kepada 32 orang dan dilakukan analisis daya beda dengan melihat koefisien korelasi item total terkoreksi untuk mengetahui butir soal yang gugur. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif yaitu uji hipotesis (uji korelasi Pearson dan korelasi ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) gerakan literasi sekolah berhubungan sangat kuat dan searah dengan minat baca yang dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,810; 2) peran guru sebagai motivator berhubungan kuat dan searah dengan minat baca yang dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,713; serta 3) gerakan literasi sekolah dan peran guru sebagai motivator berhubungan sangat kuat dengan minat baca peserta didik yang dibuktikan dengan diperolehnya nilai R sebesar 0,818. Y1 - 2023/01/04/ ER -