@phdthesis{UNY76865, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, month = {January}, author = {Nur Rohmah}, title = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III SD}, keywords = {Kata kunci: modul, tematik, permainan tradisional, kemandirian belajar}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik bermuatan permainan tradisional yang layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R\&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan pada penelitian terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi materi dan media oleh ahli, modul telah layak digunakan dengan hasil rata-rata validasi sebesar 4,3 yang termasuk kategori ?sangat baik?. Rata-rata validasi ini diperoleh dari hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 4,5 yang termasuk kategori ?sangat baik? dan hasil validasi ahli media dengan rata-rata 4,2 yang termasuk kategori ?sangat baik?. Pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, modul juga menunjukkan hasil dengan kategori ?sangat baik? dengan presentase 94,4\% pada uji coba perorangan dan 92,8\% pada uji coba kelompok kecil. Hasil uji coba pada respon guru, modul memperoleh skor rata-rata 4,8 yang termasuk kategori ?sangat baik?. Secara keseluruhan, modul ini praktis digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas III Sekolah Dasar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/76865/} }