%D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN, SISWA KELAS V SD N NGARGOSARI, NGARGOSARI SAMIGALUH, KULON PROGO %L UNY7686 %A Lestari Dwi %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran lompat tinggi siswa kelas V di SD Negeri Ngargosari, Ngargosari, samigaluh, Kulon Progo melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan satu variabel, yaitu: meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi melalui pendekatan bermain. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus dengan tiga kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Ngargosari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi bagi guru dan siswa, observasi kemampuan gerak atau psikomotor siswa (awalan, tolakan, melayang, dan pendaratan) dalam pembelajaran lompat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan bermain, baik dari sikap maupun kemampuan gerak siswa. Berdasarkan data hasil observasi kemampuan gerak pada pertemuan pertama rata-rata nilai siswa adalah 68,75 meningkat menjadi 78,13 pada pertemuan ketiga. Siswa pada pertemuan ketiga yang mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah 85 %. Kata Kunci : Peningkatan, Lompat Tinggi, Variabel, Penelitian, Instrumen, Observasi, Psikomotor, %K Peningkatan, Lompat Tinggi, Variabel, Penelitian, Instrumen, Observasi, Psikomotor,