TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku agresif pada anak dengan gangguan perilaku di SLB E Prayuwana Yogyakarta menggunakan prosedur Asesmen Fungsi Perilaku. Penelitian difokuskan pada setting perilaku subjek selama mengikuti kegiatan di sekolah dengan mengumpulkan data dan informasi mengenai antecedent, behavior, consequences dan faktor yang memengaruhi perilaku bermasalah agresif dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratori. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan gangguan perilaku di SLB E Prayuwana Yogyakarta yakni BR. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan pengisian skala motivasi perilaku. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dalam bentuk naratif dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan antecedent atau pemicu munculnya perilaku bermasalah agresif berupa pemberian tugas yang dianggap sulit, instruksi atau perintah untuk melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu, kegiatan yang tidak terstruktur, ketika sedang memainkan ponsel. Consequence atau konsekuensi dilakukannya perilaku bermasalah agresif berupa escape atau terhindar dari tugas atau aktivitas yang tidak diinginkan, sensory atau mendapatkan kesenangan atau sensori dari indera, tangible atau mendapatkan imbalan dan aktivitas yang diinginkan serta attention untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Faktor yang memengaruhi munculnya perilaku agresif pada subjek BR antara lain faktor Ibu yang mengonsumsi obat tertentu saat mengandung dan menyusui, faktor usia pubertas, faktor intelektual dibawah anak seusianya, kurangnya perhatian dari orangtua, lingkungan sosial dan pertemanan yang kurang kondusif serta pengaruh media sosial Y1 - 2023/01/30/ A1 - Wulandari, Rezty PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi ID - UNY76827 AV - restricted KW - Pola Perilaku Agresif KW - Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku KW - Asesmen Fungsi Perilaku TI - POLA PERILAKU AGRESIF PADA ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU BERDASARKAN ASESMEN FUNGSI PERILAKU DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/76827/ ER -