eprintid: 7680 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/76/80 datestamp: 2012-11-27 03:56:15 lastmod: 2019-01-29 17:10:00 status_changed: 2012-11-27 03:56:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ardani Prabu , Neswari corp_creators: Dr.Haryanto, M.Pd. corp_creators: Ikhlasul Ardi Nugroho, M.Pd. corp_creators: Rahayu Condro Murti, M.Si title: PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS-03 KECAMATAN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012 ispublished: pub subjects: perpus subjects: pssd subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: public keywords: media CD pembelajaran, hasil belajar IPA abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kowangbinangun sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Bogem 1 sebagai kelas kontrol yang terletak di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman masing-masing kelas berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan korelasi biserial, dari 30 soal diperoleh 27 soal valid dan 3 soal gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus K-R20 dengan hasil r11 sebesar 0,93. Uji normalitas dihitung menggunakan SPSS 16.0 dengan hasil kelas eksperimen sebesar 1,41 dan kelas kontrol sebesar 0,200. Uji homogenitas dihitung dengan menggunakan rumus F dengah hasil sebesar 1,20. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitia ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel sebesar 0,79>0,05. date: 2012-06-18 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi citation: Ardani Prabu , Neswari (2012) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS-03 KECAMATAN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/7680/1/cover%20-%20%2008108241052.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7680/2/bab%201%20-%20%2008108241052.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7680/3/bab%202%20-%20%2008108241052.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7680/4/bab%205%20-%20%2008108241052.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7680/5/lampiran%20-%20%2008108241052.pdf