TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/7680/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kowangbinangun sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Bogem 1 sebagai kelas kontrol yang terletak di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman masing-masing kelas berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan korelasi biserial, dari 30 soal diperoleh 27 soal valid dan 3 soal gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus K-R20 dengan hasil r11 sebesar 0,93. Uji normalitas dihitung menggunakan SPSS 16.0 dengan hasil kelas eksperimen sebesar 1,41 dan kelas kontrol sebesar 0,200. Uji homogenitas dihitung dengan menggunakan rumus F dengah hasil sebesar 1,20. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitia ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel sebesar 0,79>0,05. M1 - skripsi AV - public A1 - Ardani Prabu , Neswari PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TI - PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS-03 KECAMATAN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012 KW - media CD pembelajaran KW - hasil belajar IPA Y1 - 2012/06/18/ ID - UNY7680 ER -