TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/76797/ M1 - skripsi ID - UNY76797 TI - POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ORAL PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANTUL AV - restricted KW - Pola asuh KW - anak hambatan pendengaran KW - komunikasi oral PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Cecilia, Hellen Y1 - 2023/02/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diberikan orang tua dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi oral pada anak dengan hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul. Penelitian deskriptif kualitatif ini dimaksudkan untuk menganalisis mengenai pola asuh orang tua pada kemampuan berkomunikasi oral anak dengan hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian dilakukan dengan dua teknik yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan beberapa tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi oral pada anak dengan hambatan pendengaran di SLB N 2 Bantul diantaranya 1) Orang tua dari MFA, NTK, dan BF memberikan pelatihan kepada anak masing-masing untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara oral. 2) Kondisi MFA dalam berkomunikasi oral cukup baik, kondisi NTK dalam berkomunikasi oral mempunyai kemampuan yang baik dan lingkungan sekitarnya mampu mengerti apa yang dibicarakan NTK, kondisi BF dalam berkomunikasi oral cukup baik. 3) Orang tua NTK menerapkan intervensi sejak dini, orang tua BF tidak memberikan perlakuan khusus untuk BF, orang tua MFA memberikan perlakuan yang sama terhadap anaknya. Orang tua MFA dan NTK menerapkan pola asuh demokratis sedangkan orang tua BF menerapkan pola asuh permisif. ER -