@phdthesis{UNY76780, year = {2023}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {KEEFEKTIFITAN METODE PRETEND PLAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU LALU LINTAS PADA PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL KATEGORI RINGAN KELAS VIII DI SLB TEGAR HARAPAN YOGYAKARTA}, author = {Mutia Utami}, month = {February}, keywords = {metode pretend play, mengenal rambu lalu lintas, disabilitas intelektual kategori ringan}, abstract = {Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya kemandirian dalam bertransportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pretend play terhadap kemampuan mengenal rambu lalu lintas pada peserta didik disabilitas intelektual kategori ringan kelas VIII di SLB. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuasi eksperimen dengan one group pre test ? post test design. Subjek penelitian yaitu empat peserta didik disabilitas intelektual kategori ringan kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar berupa tes lisan dan tes perbuatan serta observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pretend play yang berbentuk simulasi kegiatan bertransportasi efektif terhadap kemampuan mengenal rambu lalu lintas bagi peserta didik disabilitas intelektual kategori ringan kelas VIII di SLB Tegar Harapan Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan selisih nilai post-test yang diperoleh subjek. Subjek RP mengenal 10 dari 20 macam rambu lalu lintas (50\%) yang diajarkan. Subjek RAP mengenal 6 dari 20 macam rambu lalu lintas (30\%) yang diajarkan. Subjek ZRD mengenal 13 dari 20 macam rambu lalu lintas (65\%) yang diajarkan.Subjek DNP mengenal 13 dari 20 macam rambu lalu lintas (65\%) yang diajarkan. Keefektifan metode pretend play didukung dengan skor akhir observasi yaitu subjek RP sebesar 85\% dengan kategori sangat baik, subjek RAP sebesar 75\% dengan kategori baik, subjek ZRD sebesar 80\% dengan kategori baik, dan subjek DNP 80\% dengan kategori baik. Penerapan metode pretend play terdiri dari tahap pemberian materi, tahap simulasi, tahap bermain peran antar individu, dan tahap praktik bermain}, url = {http://eprints.uny.ac.id/76780/} }