%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMAN 3 YOGYAKARTA %L UNY7676 %K pemanfaatan TIK, motivasi belajar, prestasi belajar %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa; 2. pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa; 3. pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa; 4. pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar melalui motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah 95 siswa kelas X SMAN 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai R sebesar 0,522 dan p=0,001 (p<0,05); 2. terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien jalur (R) sebesar 0,169 dan taraf signifikansi (p)=0,018 (p<0,05); 3. terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai R sebesar 0,719 dan p=0,001 (p<0,05); 4. ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui motivasi belajar sebesar 0,375. Kata kunci: pemanfaatan TIK, motivasi belajar, prestasi belajar. %A BACHRINTANIA ANDITA FAIZATUL