%L UNY76753 %A Alfika Rizki %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) peran orang tua sebagai pendamping dalam proses pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 di SPS PAUD Cantik, 2) Faktor pendukung orang tua dalam mendampingi anak- anaknya saat kegiatan pembelajaran online, 3) Faktor penghambat orang tua dalam mendampingi anak-anaknya saat kegiatan pemebelajaran online. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di 4 keluarga dengan latar belakang yang berbeda untuk mengetahui peran orang tua sebagai pendamping dalam proses pembelajaran online. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua dari para siswa di SPS PAUD Cantik. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) orang tua di keluarga A, B, C, D selalu terlibat saat anak melaksanakan kegiatan pembelajaran online dengan cara menyampaikan materi, memberikan pemahaman, memberi contoh, mengarahkan, menyediakan fasilitas belajar, dan memberi motivasi 2) faktor yang mendukung orang tua dalam proses pembelajaran di rumah adalah tersedianya fasilitas belajar dan kecerdasan dari anak. 3) faktor yang menghambat orang tua dalam proses pembelajaran di rumah adalah orang tua yang masih kesulitan untuk mengatur waktu dan juga latar belakang pendidikan ibu di keluarga A %K Peran Orang Tua, Pembelajaran Online %T PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SPS PAUD CANTIK %D 2023 %I Universitas Negeri Yogyakarta