TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/7673/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV A Sekolah Dasar (SD) Negeri Gentan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD N Gentan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah hasil belajar IPS kelas IV A. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV A SD N Gentan Sleman Yogyakarta, baik hasil belajar siswa aspek afektif maupun hasil belajar siswa aspek kognitif. Peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif dapat dilihat dari hasil observasi, pada siklus I persentase siswa yang masuk dalam kategori sangat baik sebesar 59,375%. Pada siklus II persentase siswa yang masuk dalam kategori sangat baik meningkat menjadi 75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dapat dilihat dari naiknya nilai rata-rata kelas dari hasil pos tes pasca tindakan tiap siklus. Nilai rata-rata kelas pratindakan adalah 60. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 73,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,0. A1 - CHINDRA TRIWULAN, DHANY PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GENTAN AV - public ID - UNY7673 KW - hasil belajar KW - Quantum Teaching. Y1 - 2012/06/25/ ER -