%0 Thesis %9 S1 %A CICI, SUPRIHARTINI %A FARIDA MULYANINGSIH, M.Kes, %A JAKA SUNARDI, M.Kes, %A Dr. PAMUJI SUKOCO, M.Pd, %A SISMADIYANTO, M.Pd, %B FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN %D 2012 %F UNY:7672 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K pembelajaran aktivitas ritmik, iringan musik %T PENINGKATAN PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK DENGAN METODE IRINGAN MUSIK PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI MANGUNSARI 1 KECAMATAN SAWANGAN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/7672/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran aktivitas ritmik dengan metode iringan musik pada siswa kelas V SD Negeri Mangunsari I Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mangunsari I Kecamatan Sawangan Magelang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 1 siklus dengan 3x pertemuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes hasil belajar aktivitas ritmik serta hasil analisis kolaborator dan peneliti secara kwalitatif dan kwantitatif.dengan hasil pertemuan pertama nilai ketuntasan mencapai 25%, pertemuan kedua mencapai 62.5% dan pertemuan ketiga mencapai 90.6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode iringan musik dapat meningkatkan pembelajaran aktivitas ritmik pada siswa kelas V SD Negeri Mangunsari I. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kolaborator dan peneliti, diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran aktivitas ritmik dengan metode iringan musik terjadi peningkatan sebesar 65.6% pada pembelajaran aktivitas ritmik pada siswa kelas V SD Negeri Mangunsari I Kecamatan Sawangan Magelang. Kata kunci : pembelajaran aktivitas ritmik, iringan musik