%0 Thesis %9 S2 %A Sulistyo, Rizal Dharmawan %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Luar Biasa %D 2023 %F UNY:76701 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K strategi pembelajaran pada masa pandemi, anak ganguan emosi dan perilaku %T STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU PADA MASA PANDEMI COVID (STUDI KASUS DI SLB TEGAR HARAPAN) %U http://eprints.uny.ac.id/76701/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meneskripsikan strategi pembelajaran pada anak gangguan emosi dan perilaku di SLB Tegar Harapan. Terdapat 4 kelas dengan perbedaan jenjang pendidikan, mencakup jenjang SD dan SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan wali kelas dari jenjang SD dan SMP berjumlah tiga orang. Objek penelitian ini berupa tahapan pelakasanaan pembelajaran oleh guru pada masa covid, strategi yang digunakan oleh guru pada masa covi dan faktor pengaruh pembelajaran. Teknik analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Data hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dianalisis untuk direduksi menjadi data yang lebih tematis. Hasil reduksi data disajikan dalam bentuk narasi untuk disimpulkan berdasarkan hasil yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran saat pandemi covid, guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran, seperti audio visual, alat peraga, dan buku. Melalui pembelajaran langsung guru dapat menjelaskan secara efektif, namun pada masa pandemi covid dirasa tidak efektif. Ada pun strategi pembelajaran pada masa covid meliputi, tujuan pembelajaran, setting, bahan ajar, media pembelajaran, pendekatan pembelajaran, prinsip pembelajaran, penembangan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Fakto pendukung yang ditemukan adalah faktor internal dan eksternal.