%T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ”CATATAN DINDING” TERHADAP KEDISIPILINAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %K media“catatan dinding”, kedisiplinan diri, anak tunagrahita ringan. %A PUSPITANINGTYAS ARUM %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata dan objektif mengenai pengaruh penggunaan media “catatan dinding” terhadap kedisiplinan diri anak tunagrahita ringan di SLB Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian kuasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan one group pre-test post-test. Subyek penelitian merupakan anak tunagrahita ringan berjumlah 4 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan ditampilkan dalam bentuk predikat kemampuan kedisiplinan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penggunaan media “catatan dinding” mampu memberikan pengaruh pada kemampuan kedisiplinan diri saat belajar di kelas yang meliputi kedisiplinan waktu kehadiran, sikap belajar di kelas, kedisiplinan terhadap tugas dari guru, tidak membolos saat jam pelajaran. Penggunaan media “catatan dinding” memberikan pengaruh yang berbeda-beda pada setiap individu. Subyek FJR mengalami perubahan sikap kedisiplinan dari predikat cukup menjadi baik, subyek ANS dari predikat kurang menjadi cukup, subyek SRL dari predikat cukup menjadi baik, dan subyek JK dari predikat kurang menjadi cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan media “catatan dinding” terhadap kedisiplinan diri anak tunagrahita ringan pada saat belajar di kelas dapat ditingkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media “catatan dinding” dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap kedisiplinan diri anak tunagrahita ringan. %L UNY7668