%L UNY7653 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD N Krandegan Bayan Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N Krandegan yang berjumlah 39 siswa dan terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas A dan kelas B. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah dengan penunjukan oleh peneliti yaitu kelas kontrol adalah 1B dan kelas eksperimen adalah kelas 1A. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah beda mean dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar efektif digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan untuk siswa kelas 1 SD N Krandegan. Dilihat dari hasil mean membaca permulaan pada kelompok eksperimen sebesar 75,28 dan pada kelompok kontrol sebesar 71,80. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambar, dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD N Krandegan Bayan Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. %K media kartu kata bergambar, membaca permulaan. %A WARDHANI ARIFAH %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD N KRANDEGAN BAYAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %D 2012