%0 Thesis %9 S1 %A Berliana, Mellisa Cahya %B Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %D 2023 %F UNY:76383 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH HARDINESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SELAMA MENGIKUTI BLENDED LEARNING %U http://eprints.uny.ac.id/76383/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hardiness terhadap stres akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama mengikuti perkuliahan blended learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Subjek penelitian ini terdiri dari 431 mahasiswa aktif Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2020, 2021, dan 2022. Instrumen menggunakan skala hardiness dan stres akademik. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan software SPSS 25.0 for Windows dengan rumus Cronbach Alpha, hasil skor untuk skala hardiness sebesar 0,960 dan skala stres akademik sebesar 0,690. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan taraf signifikansi 0,000 atau p < 0,05 dengan koefisien regresi -0,336. Hal ini dapat diartikan terdapat pengaruh negatif dan signifikan variabel hardiness terhadap variabel stres akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama mengikuti perkuliahan blended learning. Nilai koefisien determinasi (R Square) 0,23 menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh hardiness terhadap stres akademik sebesar 23%. Persamaan garis regresi yang diperoleh yaitu Y = 69,868 - 0,336X, yang berarti setiap penambahan 1% nilai hardiness, maka nilai stres akademik berkurang sebesar 0,336. Kata kunci: Hardiness, Stres Akademik, Blended Learning, Mahasiswa.