%L UNY76379 %X Mahasiswa dalam menempuh pendidikan harus menyelesaikan tugas akhir skripsi, namun masih terdapat mahasiswa yang tidak yakin dengan kemampuan dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi. Berasal dari efikasi diri mahasiswa yang rendah dapat memicu munculnya perilaku prokrastinasi akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri sebagai prediktor bagi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang dilakukan di Yogyakarya melalui google form yang disebarkan oleh peneliti. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 385 responden yang diperoleh menggunakan metode accidental sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan pada populasi, yaitu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang berada di Yogyakarta. Uji validitas skala efikasi diri menggunakan validitas isi yang dibantu oleh expert judgement dan skala Academic Procrastination Scale (APS) menggunakan validitas konstruk dengan CFA yang menujukkan hasil CFI 0,98 dan RMSEA 0,055 . Reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan hasil skor untuk skala efikasi diri sebesar 0,931 dan skala Academic Procrastination Scale (APS) sebesar 0,943. Analisis data menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa efikasi diri memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir di Yogyakarta dengan nilai koefisien regresi -0,581 dan nilai signifikansi 0.000 (p<0,05). Dengan demikian dapat dimaknai bahwa efikasi diri dapat berperan sebagai prediktor bagi variabel prokrastinasi akademik. Selain itu, varian efikasi diri mampu menjelaskan varian prokrastinasi akademik sebesar 22,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Tingkat Akhir %A Novi Noviantari %D 2023 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFIKASI DIRI SEBAGAI PREDIKTOR BAGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI YOGYAKARTA