%T Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2023 %L UNY76320 %O Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. %K evaluasi, pembelajaran PJOK, PTM 100% %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul berdasarkan aspek Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek evaluasi ini adalah SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 sekolah. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah, dan 10 peserta didik yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu anĂ¡lisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul sebesar 2,48 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,78 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran PJOK sebesar 2,83 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran PJOK sebesar 2,72 pada kategori baik. (2) Input evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,48 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,82 pada kategori baik, profil peserta didik sebesar 2,37 pada kategori baik, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,26 pada kurang. (3) Process evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,49 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,63 pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,35 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,16 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,13 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,19 pada kategori kurang. %A Estu Kakung