@phdthesis{UNY76113, month = {November}, title = {Pengembangan Instrumen Asesmen Self-regulated learning Siswa SMA.}, author = {Ameliasari Tauresia Kesuma and Nahiyah Jaidi Faraz}, school = {Program Pascasarjana}, year = {2022}, abstract = {Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan konstruk instrumen SRL siswa SMA dikembangkan, dan dapat menghasilkan informasi mengenai level keterampilan SRL siswa, pada fase persiapan, fase kinerja dan fase refleksi. 2) mengetahui kualitas instrumen asesmen SRL siswa SMA yang dikembangkan. 3) mengetahui Profil SRL siswa SMA dengan instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen asesmen yang menggunakan tiga tahapan pengembangan: 1) perencanaan, 2) uji coba dan, 3) pengukuran instrumen asesmen SRL. Berdasar hasil sintesa, terdapat tiga aspek SRL yang akan menjadi dasar penyusunan instrumen SRL siswa SMA yaitu; pertama, fase persiapan berkaitan dengan tujuan, kedua, fase kinerja merupakan strategi pembelajaran yang digunakan siswa untuk mencapai tujuan, ketiga, fase refleksi, pada tahapan ini siswa melihat apakah strategi yang digunakan sudah cukup untuk mencapai tujuan. Validasi isi dilakukan oleh 10 rater, terdiri dari enam validator ahli dan empat validator praktisi. Validasi dan reliabilitas instrumen melibatkan siswa SMA se-Jateng. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan confirmatory factor analysis dan teori respon butir dengan graded respon model. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen asesmen SRL siswa SMA yang dihasilkan berbentuk angket, terdiri dari 6 butir aspek persiapan, 10 butir aspek pelaksanaan, dan empat butir aspek refleksi. (2) Kualitas instrumen asesmen SRL yang dihasilkan tersebut diuji keseluruhan baik secara isi maupun konstruk. (3) Instrumen ini memiliki pedoman penskoran serta kategorisasi berdasarkan skor yang diperoleh siswa sehingga mampu memberikan informasi mengenai level keterampilan SRL siswa. Reliabilitas instrumen dikategorikan baik sehingga instrumen layak untuk digunakan. Siswa yang ingin mengetahui level SRL-nya dapat melakukannya melalui website https://srltest.com/, yang akan terus dikembangkan sebagai alat untuk membantu siswa dan guru mengetahui level SRLnya secara terinci pada aspek yang harus dikembangkan dan bagian yang harus dikuatkan. Hasil analisis dilakukan secara manual tapi kedepan hasil analisis akan langsung muncul secara detail sesuai dengan yang diharapkan.}, keywords = {model asesmen, self-regulated learning, siswa SMA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/76113/} }