<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tes mata pelajaran matematika siswa SMA kelas X dan XI, kesetaraan vertikal tes mata pelajaran matematika siswa SMA kelas X dan XI, perkembangan penalaran matematika siswa SMA kelas X ke kelas XI pada mata pelajaran matematika.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri yang berada di Kota Pekanbaru. Adapun waktu penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai September tahun 2020. Populasi penelitian adalah siswa SMAN kelas X dan XI di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik stratified proposional random sampling. Sekolah yang menjadi sampel adalah SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 4 Pekanbaru, SMAN 12 Pekanbaru, dan SMAN 14 Pekanbaru. Ukuran sampel yang digunakan untuk kelas X sebesar 616 dan kelas XI sebesar 576. Instrumen yang digunakan merupakan dua perangkat tes mata pelajaran matematika yang berbentuk tes objektif dengan 5 pilihan jawaban dan untuk anchornya sebesar 20%. Data berupa skor diolah dan disetarakan dengan menggunakan desain common item nonequivalent groups dan dengan metode penyetaraan linier nonequivalent group Levine. berdasarkan pendekatan model Rasch menggunakan program R..\r\nHasil penelitian ini yaitu: (1) Hasil validitas yang diperoleh pada tes penalaran matematika kelas X dan kelas XI dengan nilai V yang sama yaitu sebesar 0,97 menggunakan perhitungan secara Aiken, hasil reliabilitas pada tes penalaran matematika kelas X sebesar 0.87 dan kelas XI sebesar 0.75 dengan korelasi maka memperoleh hasil yang reliabel. (2) Tes mata pelajaran matematika memiliki rerata tingkat kesukaran kategori mudah dengan nilai fungsi informasi maksimum sebesar 16,16 pada θ sekitar 0,1 logit dengan SEM = 0,779 untuk kelas X, sedangkan nilai fungsi informasi maksimum sebesar 20,10 pada θ sekitar 0,1 logit dan SEM = 0,776 untuk kelas XI. (3) Hasil penyetaraan vertikal berdasarkan pendekatan linier nonequivalent group Levine menunjukkan persamaan untuk kelas X ke kelas XI adalah ( ) . (4) Kesimpulannya adanya perbedaan antara penalaran kelas X dan XI sehingga terdapat perkembangan kemampuan penalaran matematika siswa kelas X ke kelas XI atau kemampuan penalaran kelas XI lebih tinggi dibandingkan siswa kelas X."^^ . "2022-11-29" . . . "Program Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Samsul"^^ . "Hadi"^^ . "Samsul Hadi"^^ . . "Tiya Syahtriya"^^ . "Ningsih"^^ . "Tiya Syahtriya Ningsih"^^ . . . . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA. (Text)"^^ . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA. (Other)"^^ . . . . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA. (Other)"^^ . . . . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA. (Other)"^^ . . . . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA. (Other)"^^ . . . . . . "Penilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #76107 \n\nPenilaian Perkembangan Penalaran Matematika Siswa SMAN Berbasis Soal PISA.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Matematika"@en . .