%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Georgina Maria, Tinungki %D 2012 %F UNY:7572 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K seni mengajar, pengajar, siswa %P 1-10 %T SENI MENGAJAR SEORANG GURU MATEMATIKA IDAMAN SISWA %U http://eprints.uny.ac.id/7572/ %X Landasan pendidikan adalah cinta, sedangkan dasar pendidikan adalah Pancasila, sedangkan tujuan kurikuler dari pendidikan adalah cipta, rasa, karsa dan karya. Pada UUD No.20 tahun 2003, tentang Pendidikan, yang antara lain menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia Pancasila, yang mempunyai tujuan institusional. Apabila seorang guru matematika melakukan pengajaran bukan pembelajaran, maka guru yang seperti ini tidak mempunyai tujuan lain selain melakukan tugas rutin yang diembannya. Tidak punya keinginan memperbaiki cara mengajar, tidak mau terlibat lebih jauh dalam kegiatan pembelajaran. Ia menganggap tugasnya telah selesai begitu keluar dari kelas. Dalam hal ini, guru tersebut hanya berperan sebagai pentransfer pengetahuan dan guru hanya memberikan pengetahuan yang ia anggap penting bukan yang siswa anggap penting. Tidak berupaya menggali dan mendalami hal-hal menarik dari ilmu yang disampaikannya. Pengkajian masalah langkah yang harus dilakukan seorang guru agar dalam pembelajaran matematika di kelasnya menjadi idaman siswa. Dalam hal ini seorang guru memulai suatu pelajaran harus dengan cara yang baik, agar anak didik dapat berkonsentrasi pada awal pertemuan, agar supaya materi yang diperoleh dapat bermanfaat dengan sepenuhnya. Juga dalam menyajikan materi pelajaran harus dapat diserap dengan baik oleh anak didik dimana berkaitan dengan keberadaan seorang pengajar yang meliputi segar, pintar dan benar Kata kunci : seni mengajar, pengajar, siswa