%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAS-BASAN BERMUATAN AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SD KASONGAN %L UNY75694 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional bas- basan bermuatan aksara Jawa yang layak sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa di kelas IV SD Kasongan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan oleh Borg & Gall (2003) dengan 7 tahapan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan produk, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi uji coba lapangan utama. Tempat penelitian adalah di SD Kasongan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Kasongan tahun ajaran 2022/2023. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket pengguna. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji coba media menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan aspek yang divalidasi dan diujikan. Hasil validasi media menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4 berkategori “baik”. Hasil validasi materi menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4,54 berkategori “sangat baik”. Uji coba lapangan utama oleh peserta didik dengan skor rata-rata 4,4 berkategori “sangat baik” dan oleh guru dengan skor rata-rata 3,89 berkategori “baik”. Berdasarkan hasil tersebut, permainan tradisional bas-basan bermuatan aksara Jawa layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa kelas IV SD Kasongan. Kata kunci : pengembangan media, permainan tradisional bas-basan, aksara Jawa, pembelajaran bahasa Jawa %A Yuni Lestari