TY - THES N2 - Penelitian ini berjudul ?Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di SD Negeri Ringinharjo? yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran di SD Negeri Ringinharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas II dan IV, dan siswa masing-masing 1 dari kelas II dan IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model langkah- langkah dari Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada proses perencanaan dilakukan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dan pembuatan RPP dan modul ajar. Selanjutnya pada proses pelaksanaannya terdapat kegiatan pembuka, inti, dan penutup yang dilakukan pengimplementasian 18 nilai karakter atau lima nilai karakter utama PPK atau nilai karakter pelajar Pancasila. Semua karakter tersebut dapat diimplementasikan dan telah dibiasakan oleh SDN Ringinharjo namun masih ada satu nilai yang belum optimal ketika diimplementasikan, yaitu karakter cinta damai. Pada proses evaluasi, guru telah melakukan evaluasi dengan berbagai bentuk seperti kuis, pertanyaan lisan, atau pengamatan perkembangan karakter siswa. Kata kunci: karakter, pendidikan karakter, pembelajaran, sekolah dasar Y1 - 2022/12/14/ A1 - Riyani, Sri PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi ID - UNY75691 AV - restricted TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI RINGINHARJO UR - http://eprints.uny.ac.id/75691/ ER -