@article{UNY7569, pages = {1--10}, author = {Permadi Fransiscus Dimas and Rudhito M. Andy}, title = {EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM GEOGEBRA DIBANDING PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR GANTIWARNO KLATEN}, month = {November}, year = {2012}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, journal = {Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/7569/}, keywords = {Efektifitas, Teorema Pythagoras, GeoGebra}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran dengan Program GeoGebra Dibanding Pembelajaran Konvensional pada materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten tahun ajaran 2012/2013, metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi langsung melalui pengamatan dikelas dan wawancara dengan guru matematika. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang memiliki kemampuan akademis hampir sama, yaitu kelas VIIIA dan VIIIB. Pada kelas VIIIA pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan program GeoGebra, sedangkan kelas VIIIB pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional, data penelitian diperoleh dari pemberian tes kemampuan awal, pemberian materi, tes evaluasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari nilai-nilai ulangan harian dan tes kemampuan awal ke tes evaluasi pada masing-masing kelas. Dari data yang diperoleh, kemudian peneliti membandingkan antara 2 kelas tersebut, hasil belajar siswa menunjukan bahwa siswa kelas VIIIA dengan pembelajaran menggunakan program GeoGebra lebih tinggi dari pada kelas VIIIB yang menggunakan pembelajaran konvensional dan siswa yang mencapai nilai KKM lebih besar atau sama dengan 73 pada siswa kelas VIIIA sebanyak 13 siswa sedangkan siswa kelas VIIIB hanya 7 siswa. Berdasarkan hasil dari kedua pembelajaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan program GeoGebra lebih efektif dibanding dengan pembelajaran konvensional. Selain itu keefektifan dapat dilihat dari proses belajar mengajar, hasil kuesioner dan hasil wawancara. Kata-kata kunci: Efektifitas, Teorema Pythagoras, GeoGebra.} }