eprintid: 75646 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 24844 dir: disk0/00/07/56/46 datestamp: 2023-09-21 01:49:19 lastmod: 2023-09-21 01:49:19 status_changed: 2023-09-21 01:49:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: maria0412fip.2018@student.uny.ac.id creators_name: Sumunaringtyas, Maria creators_id: maria0412fip.2018@student.uny.ac.id title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 4 BENDUNGAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: public keywords: Peserta didik kelas II, karakter tanggung jawab, karakter disiplin abstract: Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada peserta didik kelas II SD Negeri 4 Bendungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan peserta didik kelas II. Objek penelitian ini berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin di SD Negeri 4 Bendungan khususnya pada kelas II. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas II melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilaksanakan melalui RPP, Silabus, Kurikulum Sekolah, dan penekanan pembelajaran pada membaca nyaring, kegiatan dalam kelompok, dan kontekstual. Pelaksanaan melalui kegiatan pembelajaran secara (1) aktif dan komunikatif yaitu melalui tanya jawab, membaca nyaring; (2) guru menanyakan kesanggupan peserta didik untuk mengerjakan PR dan membawa tugas; (3) pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok untuk berdiskusi maupun membuat projek bersama; (4) dan melalui pembelajaran kontekstual. Pelaksanaan melalui pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengondisian, dan keteladanan. Evaluasi implementasi pendidikan karakter menunjukkan bahwa peserta didik kelas II telah menunjukkan karakter yang sesuai dengan indikator tanggung jawab dan disiplin menurut Kemendiknas (2010:25). date: 2022-07-15 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: skripsi referencetext: A, Doni Koesoema. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Sleman: PT Kanisius Abdurrahman, M. (2018). Pendidikan Karakter Bangsa. Banda Aceh: ‘Adnin Foundation Publisher Agustina, Y. (2015). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Akuntansi di SMK (Suatu Kajian Teori). Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015 Aidha, Nindia Harnes Prima. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK UNESA. Vol.03 No. 01 Tahun 2013, Hal 216- 224 Aksan, H. (2019). Seri Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2) Disiplin-Kerja Keras Kreatif-Mandiri. Bandung: Nuansa Cendekia Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Education Science (JES), 5(1), April 2019. Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya Anggraeni,C., Elan.,Mulyadi. S., (2019). Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.5 No. 1 Juni 2021 Hal 100-109 Anwar, Khaerul. (8 April 2021). Curhat Guru: Banyak Tugas Siswa yang Dikerjakan Orangtua. IDN Times Banten Ardila, R.M., Nurhasanah., Salimi,M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajaranny di Sekolah. Inovasi Pendidikan:Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21 Ardiyanti, S.,Khairiah, D. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Diri pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol.1 No. 2, E-ISSN: 2797 0205. 12 Maret 2022 Arifudin, IS. (2015). Peranan Guru terhadap Pendidikan Karakter Siswa di Kelas V SDN 1 Siluman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 Hal 175-186. Bakar, A. (2021). Proses Pembentukan Karakter. Artikel Ilmiah Widyaiswara diakses pada 18 Juni 2022 melalui https://bdkpalembang.kemenag.go.id/ Dalimunthe, Zui Astria Br.(2017). Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Sehari-hari terhadap Disiplin Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII SMP PAB 3 Saentis T.P. 2016/2017. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan Daryanto, & Suryatri, D. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media. Fitriandi,Y. (2018). Program Tadarus dan Shalat Dhuha dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Anak SD. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta Halima, & Fajrianti. (2019). Karakter Disiplin Siswa Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 di MTSN 1 Kendari. Universitas Muhammadiyah Kendari Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning;Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Hurlock, E.B. (1972). Child Development (McGraw-Hill series in psychology). New York: McGraw-Hill Education Indrawanto., Pargito.,& Maskun. (2014). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS. Diakses pada 11 Juni 2022 melalui https://www.neliti.com/ Jalil, J. (2018). Pendidikan Karakter: Implementasi oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah dan Sumber Daya Pendidikan. Sukabumi: CV Jejak Jauhary, H. (2021). Hidup Sukses dengan Disiplin. Medan: Mutiara Aksara Judiani, D. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16(3) Kemendikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa:Pedoman Sekolah. Jakarta. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Lickona, Thomas. (2021). Strategi: Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab di Kelas: Seri Pendidikan Karakter. (Terjemahan Lita S). Jakarta: Nusa Media Lubis, RR., & Nasution, MH. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Volume 3, Nomor 1, Juni 2017 Miles , Matthew B. , Saldaña , Johnny , Huberman , A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook (3rd ed). California: Publikasi SAGE Mini, R. (2011). Disiplin pada Anak. Kemdikbud: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Mu’in, Fathul. (2014). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Sleman:Ar-Ruzz Media Musbikin, Imam. (2021). Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab dan Cinta Tanah Air. Jakarta: Nusa Media Musbikin, Imam. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Jakarta: Nusa Media Nadzir, M. (2013). Perencanaan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.2 No. 2, 2 November 2013, Hal 339-352 Narwanti, Sri (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga Ningsih, T. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press Nuriyatun, P.D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di SD Negeri 1 Bantul. Skripsi.UNY Pasani, C.F., Sumartono., Sridevi, H. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4 No. 2 Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. HARMONY 4 (1) Putro, S.C., & Nidhom, A.M. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press Prihastutia, MWA. Santa. (2020). Analisis Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas IV.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Vol. 03, Nomor 02, September 2020, Hal. 128 - 132 Putri, D.P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018 Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi:Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA) Sapriadi, M., & Hajaroh, S. (2019). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa. Jurnal Penelitian Keislaman Vol.15 No.1 Hal 54-65 Siburian, P. (2012). Penanaman Dan Implementasi Nilai Karakter Tanggung Jawab. Jurnal Generasi, Vol 5, 85-102 Sidiq, U. Choiri, M.M . (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo. CV. Nata Karya Suasaningdyah,E. (2016). Teknik Penguatan dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Jam-Jam Akhir Pelajaran. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Vol.1 No.2 Tahun 2016 Hal113-123 ISSN: 2527-6891 113 Sudrajat, A (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1) Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah: Sebuah Pengantar Umum. Sleman: PT Kanisius Suryanti, I., & Arafat,Y. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan.Volume 3, No. 2 Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya Tim Pakar Yayasan Jatidiri Bangsa. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah: dari gagasan ke tindakan. Jakarta: gramedia Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wangid, Muhammad Nur . (2011) Pekerjaan Rumah sebagai Pemberdayaan Pendidikan. [Experiment/Research]. UNY Widhiasih, Luh Ketut S., & Dharmayanti, Putu Ayu P. (2017) . Strategi Membaca Nyaring di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.2, No.2 Oktober 2017 ISSN: 2527-5445 Wijanti, R. (2013). Menjamurnya Budaya Ngaret Fenomena Merebaknya Kemalasan di Indonesia Winarsih. (2019). Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara Wulandari, M.O. (2020). Peningkatan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pokok Keliling dan Luas Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV A SD Kanisius Sengkan. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Wurdinger, Scott D. (2016). The Power of Project-Based Learning.London : Rowman & Littlefield Yulianto, D. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter: Kajian Kebijakan PPK Pendidikan Karakter Kulon Progo (PendekarKU). Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani citation: Sumunaringtyas, Maria (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 4 BENDUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/75646/1/Skripsi-Maria%20Sumunaringtyas.pdf