TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/75629/ TI - Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar AV - restricted KW - media video animasi KW - keterampilan menyimak KW - keterampilan berbicara. M1 - tesis ID - UNY75629 A1 - WAHYUDI, EKO PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar; (2) pengaruh media video animasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar; (3) perbedaan pengaruh penggunaan media video animasi dibandingkan dengan teks bacaan cerita fiksi terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV pada semester genap 2021/2022 di SD Negeri di Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar. Sampel dalam penelitian ini adalah 91 siswa dari SD Negeri Kupang Rejo, SD Negeri Pakutik, SD Negeri Rantau Nangka, dan SD Negeri Sungai Pinang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen terdapat 48 siswa yang menggunakan media video animasi, sedangkan kelas kontrol dengan jumlah 43 siswa menggunakan media teks bacaan cerita fiksi. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan menyimak siswa dalam bentuk soal uraian dan lembar observasi keterampilan berbicara siswa. Teknik analisis menggunakan uji Paired Sample t-Test dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar dengan hasil analisis uji thitung 10,728 > ttabel 1,677 atau 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media video animasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar dengan hasil analisis uji thitung 4,073 > ttabel 1,677 atau 0,000 < 0,05; (3) terdapat perbedaan pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media video animasi dan teks bacaan cerita fiksi terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung 8,807 > ttabel 1,677 atau 0,000 < 0,05. Y1 - 2022/10/14/ ER -