<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media video animasi\r\nterhadap keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar; (2) pengaruh media\r\nvideo animasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar; (3)\r\nperbedaan pengaruh penggunaan media video animasi dibandingkan dengan teks\r\nbacaan cerita fiksi terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas IV\r\nsekolah dasar.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain\r\nnonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas\r\nIV pada semester genap 2021/2022 di SD Negeri di Kecamatan Sungai Pinang\r\nKabupaten Banjar. Sampel dalam penelitian ini adalah 91 siswa dari SD Negeri Kupang\r\nRejo, SD Negeri Pakutik, SD Negeri Rantau Nangka, dan SD Negeri Sungai Pinang.\r\nPenentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel\r\npenelitian dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen\r\nterdapat 48 siswa yang menggunakan media video animasi, sedangkan kelas kontrol\r\ndengan jumlah 43 siswa menggunakan media teks bacaan cerita fiksi. Instrumen yang\r\ndigunakan adalah tes keterampilan menyimak siswa dalam bentuk soal uraian dan\r\nlembar observasi keterampilan berbicara siswa. Teknik analisis menggunakan uji\r\nPaired Sample t-Test dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan\r\nsignifikan penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa\r\nkelas IV sekolah dasar dengan hasil analisis uji thitung 10,728 > ttabel 1,677 atau 0,000 <\r\n0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media video animasi\r\nterhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar dengan hasil analisis uji\r\nthitung 4,073 > ttabel 1,677 atau 0,000 < 0,05; (3) terdapat perbedaan pengaruh positif dan\r\nsignifikan antara penggunaan media video animasi dan teks bacaan cerita fiksi terhadap\r\nketerampilan menyimak dan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut\r\ndibuktikan dengan nilai thitung 8,807 > ttabel 1,677 atau 0,000 < 0,05."^^ . "2022-10-14" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "EKO"^^ . "WAHYUDI"^^ . "EKO WAHYUDI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Text)"^^ . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75629 \n\nPengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .