%T Etnomatematika pada Permainan Tradisional dan Implementasinya pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %K etnomatematika, permainan tradisional, pembelajaran matematika %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kandungan etnomatematika pada permainan tradisional dan (2) mengetahui keefektifan pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar menggunakan etnomatematika pada permainan tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method model sequential exploratory. Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian kualitatif adalah siswa kelas IV, guru kelas IV dan budayawan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Analisa data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Hibermann. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui pretest dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa 1) nilai etnomatematika ada pada permainan tradisional dam-daman, engklek, gobag sodor, lompat tali, bekelan, betengan dan dakon. 2) Hubungan bentuk etnomatematika dengan konsep matematik sekolah dasar yaitu bilangan, pengukuran dan geometri. 3) Pembelajaran matematika menggunakan konteks etnomatematika permainan tradisional kelas IV sekolah dasar efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan koefisien sig = 0.002 < 0.05. %A GUS ROHMAT ALCHUZAENI %L UNY75621