%L UNY7562 %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %D 2012 %P 1-10 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM GEOGEBRA DIBANDING PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA TOPIK GRAFIK FUNGSI KUADRAT KELAS X SMA PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA %A Alviah Elisabeth Evi %A Rudhito M. Andy %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %K efektivitas, program GeoGebra, fungsi, grafik fungsi kuadrat %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan program GeoGebra dibanding pembelajaran konvensional pada topik grafik fungsi kuadrat kelas X SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 dan siswa kelas X2. Peneliti memilih kedua kelas tersebut karena kedua kelas mempunyai rata – rata nilai yang hampir sama berdasarkan data yang diperoleh dari hasil ulangan sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung, kuesioner, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di dua kelas yang berbeda dengan masing – masing kelas 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan program GeoGebra dalam topik grafik fungsi kuadrat lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional. Hal ini dapat diamati dengan membandingkan nilai evaluasi hasil belajar dari kelas X1 dan X2. Selain itu, keefektifan dapat dilihat dari hasil pengamatan pada saat proses belajar mengajar, hasil kuesioner, dan hasil wawancara. Kata kunci: efektivitas, program GeoGebra, fungsi, grafik fungsi kuadrat.