%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Eka, Setyaningsih %D 2012 %F UNY:7561 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K Kepedulian Guru, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika %P 1-8 %T KEPEDULIAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA %U http://eprints.uny.ac.id/7561/ %X Pendidikan karakter merupakan usaha-usaha yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis agar peserta didik memiliki nilai-nilai perilaku dalam hidup dan bekerja sama baik terhadap lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara yang terwujud lewat pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan yang didasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Sekolah merupakan salah satu jalur pendidikan yang dipandang efektif menanamkan karakter bagi peserta didiknya melalui proses pembelajaran. Guru merupakan bagian yang penting dari sekolah yang ikut bertanggung jawab dalam penanaman karakter peserta didik. Penanaman karakter pada peserta didik bukanlah menjadi tanggung jawab guru untuk mata pelajaran tertentu, tetapi merupakan tanggung jawab semua guru, yang salah satunya adalah guru matematika. Penanaman karakter harus dilaksanakan secara kontinu. Dalam penanaman karakter, guru bertindak sebagai model bagi peserta didik, setidaknya dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan. Kepedulian guru dalam menanamkan karakter peserta didik dapat dilihat dari inovasi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Dengan memilih suatu strategi, metode atau model yang tepat dalam pembelajaran maka karakter peserta didik terbentuk. Kata kunci: Kepedulian Guru, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika.