<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media picture storybook\r\nmasa penjajahan Belanda di Indonesia yang layak untuk meningkatkan motivasi\r\nbelajar dan pemahaman konsep untuk siswa kelas V SD, (2) mengetahui efektivitas\r\nmedia media picture storybook masa penjajahan Belanda di Indonesia yang layak\r\nuntuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep untuk siswa kelas V\r\nSD.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model\r\nyang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: (1) studi\r\npendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba\r\nlapangan awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk\r\nII, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan\r\nimplementasi. Subjek pada penelitian ini adalah para siswa dan guru kelas V\r\nsekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan\r\nskala. Analisis data menggunakan skor N-gain, uji t dan MANOVA dengan taraf\r\nsignifikansi sebesar 5%.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa media picture storybook masa\r\npenjajahan Belanda di Indonesia layak digunakan setelah memperoleh validasi ahli\r\ndan uji coba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor sebesar 87\r\ndengan kategori “Sangat Layak” dan aspek materi mendapatkan skor sebesar 78\r\ndengan kategori “Sangat Layak”. Hasil skala respon media oleh guru dan siswa\r\nmendapatkan skor sebesar 92 dengan kategori “Sangat Baik” untuk respon guru dan\r\n67,9 untuk respon siswa. Picture storybook masa penjajahan Belanda di Indonesia\r\nyang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan\r\npemahaman konsep sejarah siswa kelas V sekolah dasar. Hasil uji lapangan\r\noperasional menunjukkan taraf signifikansi 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan\r\nsignifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep sejarah siswa kelas V sekolah\r\ndasar pada pembelajaran IPS antara siswa yang diajar menggunakan media picture\r\nstorybook dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan media picture\r\nstorybook. Hasil analisis skor N-Gain menunjukan bahwa skor N-gain motivasi\r\nbelajar siswa dan pemahaman konsep di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada\r\nkelas kontrol."^^ . "2022-08-25" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Nia Widyawati Fitri"^^ . "Puspitarini"^^ . "Nia Widyawati Fitri Puspitarini"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Text)"^^ . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75607 \n\nPengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .