<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta"^^ . "Kemandirian terus berkembang seiring dengan perkembangan seoranganak. Perkembangan masing-masing anak tentu berbeda-beda, begitu juga dengankemandirian antara anak yang satu dengan yang lain akan berbeda sesuai dengantingkat perkembangannya dan juga faktor yang mempengaruhinya. Penelitianini\r\nbertujuan untuk 1) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial dankecerdasan interpersonal secara simultan terhadap kemandirian belajar; 2)\r\nmengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial secara parsial terhadapkemandirian belajar; serta 3) mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasaninterpersonal secara parsial terhadap kemandirian belajar\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDNegeri se-KotaMadya Yogyakarta sebanyak 855 siswa dengan sample penelitian 273 siswa yangditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakanskala psikologi. Intsrumen pengumpulan data berupa skala kemandirian belajar, skala keterampilan sosial, dan skala kecerdasan interpersonal. Instrumenpenelitian diujicobakan kepada 200 siswa. Uji validitas instrumen menggunakanvaliditas isi dan validitas konstruk. Validitas isi menggunakan expert judgment, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfimatori yangmeliputi validitas konvergen dan validitas diskriminan. Analisis faktor\r\nkonfimatori juga dilakukan untuk mengestimasi uji reabilitas konstrukdanreabilitas komposit. Uji prasyarat analisis meliputu uji normalitas menggunakanmetode Kolmogrov-Smirnov, uji linearitas, uji multikoliearitas, danuji\r\nheteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi lienar\r\nberganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) keterampilan sosial dan kecerdasaninsterpersonal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirianbelajar dengan sumbangan sebesar 54,30%; 2) keterampilan sosial secara parsial\r\nberpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif\r\nsebesar 35,89%; dan 3) kecerdasan interpersonal secara parsial berpengaruhsignifikan terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar\r\n18,41%."^^ . "2022-08-24" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Lhutfia Wahyu"^^ . "Safutri"^^ . "Lhutfia Wahyu Safutri"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta (Text)"^^ . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75603 \n\nPengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .