TY - UNPB A1 - Wibowo, Wahyu Ari PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SD se-Gugus Purwosari Girimulyo di Masa Pandemi Covid-19 AV - restricted KW - pola asuh demoktaris orang tua KW - motivasi belajar KW - prestasi belajar Y1 - 2022/08/23/ ID - UNY75602 UR - http://eprints.uny.ac.id/75602/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh pola asuh demoktaris orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik SD Se-Gugus Purwosari Girimulyo selama pembelajaran saat pandemi Covid-19, 2) mendeskripsikan pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik SD Se-Gugus Purwosari Girimulyo selama pembelajaran saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode expost facto. Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik SD se-Gugus Purwosari, Kapanewon Girimulyo yang terdiri atas 231 peserta didik. Menggunakan rumus Slovin maka jumlah sampel yang digunakan yaitu 146. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan: 1) adanya pengaruh positif secara signifikan antara variabel pola asuh demokratis terhadap motivasi belajar peserta didik SD se-Gugus Purwosari, Kapanewon Girimulyo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t, bahwa nilai Sig. variabel X atau Pola Asuh Demokratis (0,000) < 0,05 dan nilai t hitung (8,492) > t tabel (1,976) dengan koefisien regresi sebesar 0,486 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh positif (searah) signifikan antara Pola Asuh Demokratis terhadap Motivasi Belajar, 2) adanya pengaruh positif secara signifikan antara variabel pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar peserta didik SD se-Gugus Purwosari, Kapanewon Girimulyo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t, bahwa nilai Sig. variabel X atau Pola Asuh Demokratis (0,000) < 0,05 dan nilai t hitung (7,427) > t tabel (1,976) dengan koefisien regresi sebesar 0,568 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh positif (searah) signifikan antara Pola Asuh Demokratis terhadap Prestasi Belajar. M1 - tesis ER -