<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran\r\nberbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan menganalisis dan karakter\r\nkomunikatif yang layak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, dan (2) mengetahui\r\nefektivitas modul pembelajaran berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan\r\nmenganalisis dan karakter komunikatif siswa kelas IV Sekolah Dasar.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan\r\ndengan 10 tahap model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas\r\nIV SD di Kecamatan Banguntapan. Pengumpulan data pada studi pendahuluan\r\nmenggunakan wawancara, observasi, dan angket. Kelayakan produk ditentukan\r\nmelalui validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru\r\ndan siswa. Keefektifan produk ditentukan melalui pretest dan posttest pada uji coba\r\noperasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan\r\nhomogenitas, independent sample t-test, dan MANOVA dengan taraf signifikansi\r\n0,05.\r\nPada studi ini telah dihasilkan modul saintifik pembelajaran berbasis\r\nsaintifik yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan\r\nkarakter komunikatif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian\r\nmenunjukkan modul pembelajaran berbasis saintifik memenuhi kelayakan\r\nberdasarkan pada: (1) ahli materi dengan skor 144 kategori “layak”, (2) ahli media\r\ndengan skor 194 kategori “layak”, (3) respon guru dengan skor rata-rata 65 kategori\r\n“sangat layak” dan (4) respon siswa dengan skor rata-rata 13,99 kategori “sangat\r\nlayak”. Nilai signifikansi pada uji independent sample t-test kemampuan\r\nmenganalisis dan karakter komunikatif, masing-masing sebesar 0,000. Nilai\r\nsignifikansi tersebut <0,05 yang artinya terdapat pengaruh modul terhadap\r\nkemampuan menganalisis dan karakter komunikatif siswa. Hasil uji MANOVA\r\nmenunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi yang didapat pada studi ini\r\n< 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan menganalisis dan karakter\r\nkomunikatif siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan modul."^^ . "2022-08-11" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "SUCI SETYO"^^ . "NINGSIH"^^ . "SUCI SETYO NINGSIH"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan (Text)"^^ . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75597 \n\nPengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .