%0 Thesis %9 S2 %A NISRINA, HIDAYAH NUR AJRINA, %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2022 %F UNY:75596 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K Evaluasi, Pembelajaran Tematik, Muatan Pelajaran IPA, Tema 6 Panas dan Perpindahannya %T Evaluasi Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya %U http://eprints.uny.ac.id/75596/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) Perencanaan pembelajaran tematik bagi siswa kelas 5 sekolah dasar pada muatan pelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya; (2) Proses pelaksanaan pembelajaran tematik bagi siswa kelas 5 sekolah dasar pada muatan pelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya; (3) Hasil pelaksanaan pembelajaran tematik bagi siswa kelas 5 sekolah dasar pada muatan pelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model countenance Stake. Populasi dalam penelitian ini meliputi delapan sekolah negeri dalam satu gugus di Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Sampel penelitian ini dibagi menggunakan cluster random sampling yang terbagi menjadi dua wilayah yakni wilayah utara ada SD Negeri 1 Kutaliman, SD Negeri 2 Kutaliman sedangkan wilayah selatan ada SD Negeri 1 Beji, SD Negeri 2 Beji. Pengambilan sampel guru menggunakan purposive sampling. Model Stake membagi penelitian menjadi tiga tahapan yakni antecedent, transaction dan outcome. Komponen Antecedent meliputi sub komponen kurikulum, kemampuan awal siswa, fasilitas pembelajaran, liniearitas guru, serta pemahaman guru terhadap pembelajaran IPA. Komponen Transaction meliputi perencanaan berupa RPP dan Perangkat Pembelajaran, proses pelaksanaan belajar mengajar, dan evaluasi. Komponen Outcome berupa hasil belajar nilai siswa kelas 5 sekolah dasar dan dampak pelaksanaan pembelajaran terhadap kesulitan belajar siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan pengukuran central tendency, distribusi frekuensi, dan kategorisasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rerata keseluruhan komponen Antecedent senilai 82 dari nilai ideal 100 maka menunjukkan kategori sangat baik; (2) Rerata keseluruhan komponen Transaction senilai 78,19 dari nilai ideal 100 maka menunjukkan kategori baik; (3) Rerata hasil belajar siswa pada komponen Outcome senilai 77 dari nilai ideal 100 maka menunjukkan kategori tuntas dan baik.