TY - THES Y1 - 2022/08/08/ N2 - Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2022. Pemecahan masalah merupakan ruh dari pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa adalah kecerdasan. Jenis kecerdasan yang berpotensi mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecerdasan logis-matematis, spasial-visual, dan intrapersonal. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan logis-matematis secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM, (2) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan spasial-visual secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM, (3) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan intrapersonal secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM, (4) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan logis-matematis, spasial-visual, dan intrapersonal secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitaif ex post facto. Periode penelitian ini dilakukan selama Oktober 2021 ? Juni 2022 dengan populasi penelitian seluruh mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian dipilih melalui proportional stratified sampling menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan jumlah 207 mahasiswa. Teknik dan instrumen pengumpulan datanya berupa tes dan skala psikologis yang telah lulus uji validitas isi dan konstruk serta reliabilitas konstruk dan komposit. Instrumen ini meliputi Tes kecerdasan logismatematis, tes kecerdasan spasial-visual, skala psikologis kecerdasan intrapersonal, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data hasil penelitian tersebut kemudian melalui uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan melalui uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecerdasan logis-matematis secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang, (2) kecerdasan spasial-visual secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang, (3) kecerdasan intrapersonal secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang, dan (4) kecerdasan logis-matematis, spasialvisual, dan intrapersonal secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang. Kecerdasan logis-matematis, spasial-visual, dan intrapersonal secara simultan berkontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 30,3%. Diharapkan dengan adanya hasil ini, pendidik dapat mempertimbangkan beberapa jenis kecerdasan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika. A1 - Wati, Ika Febriana PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Spasial-Visual, dan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang AV - restricted KW - kecerdasan logis-matematis KW - kecerdasan spasial-visual KW - kecerdasan intrapersonal KW - kemampuan pemecahan masalah matematis. ID - UNY75595 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/75595/ ER -