<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar."^^ . "Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) mengetahui kelayakan media “Rajasia”\r\nuntuk meningkatkan epistemic curiosity pada siswa kelas IV SD, 2) mengetahui\r\nkepraktisan media “Rajasia” untuk meningkatkan epistemic curiosity siswa kelas IV\r\nSD, serta 3) menguji keefektifan media “Rajasia” dalam meningkatkan epistemic\r\ncuriosity siswa kelas IV SD.\r\nPenelitian pengembangan dilakukan di 6 kelas dari 5 sekolah dasar yang berada\r\ndi kawasan Gugus II Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa\r\nYogyakarta. Penelitian ini berpedoman pada 5 langkah pengembangan ADDIE yang\r\ndikembangkan oleh Branch. Penelitian melalui tiga proses uji coba dengan subjek 12\r\nsiswa dan 1 guru pada uji kelompok, 27siswa dan 1 guru pada uji lapangan, dan 55\r\nsiswa pada uji operasional dengan terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol.\r\nPengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan skala\r\npenilaian. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan\r\ndata kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dan observasi saat studi pendahuluan\r\nserta berbagai masukan dalam proses uji kelayakan dan uji keefektifan. Data kuantitatif\r\ndidapatkan dari skala penilaian ahli, skala respon pengguna, dan skala penilaian diri.\r\nSkala ahli materi dan media serta skala respon dari guru dan siswa digunakan untuk\r\nmengetahui kelayakan media “Rajasia” yang dianalisis dengan konversi skor dalam 4\r\nkategori. Adapun keefektifan media “Rajasia” dalam meningkatkan epistemic curiosity\r\ndianalisis menggunakan analisis non-parametrik Wicoxon dengan taraf signifikansi\r\n0,05.\r\nHasil penelitian menunjukkan 1) media “Rajasia” telah memenuhi kriteria\r\nberdasarkan hasil validasi materi dari 2 validator dengan rata-rata skor 3,3 dan 3,7\r\nkategori “Sangat Layak”, hasil validasi media dari 2 validator dengan rata-rata skor 3,6\r\ndan 3,9 kategori “Sangat Layak”, 2) media “Rajasia” memeroleh rerata skor\r\nkepraktisan berdasar respon guru pada uji kelompok dan lapangan masing-masing 3,84\r\ndan 3,36 kategori “Sangat Baik”, serta respon siswa masing-masing 3,27 dan 3,75\r\nkategori “Sangat Baik”, dan 3) media “Rajasia” dinyatakan efektif untuk meningkatkan\r\nepistemic curiosity siswa kelas IV. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa media\r\n“Rajasia” efektif meningkatkan epistemic curiosity siswa kelas IV secara signifikan\r\ndengan nilai signifikansi 0,000 (p≤0,05)."^^ . "2022-08-09" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "NADA SAVITRI"^^ . "NAWANGSARI"^^ . "NADA SAVITRI NAWANGSARI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. (Text)"^^ . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75585 \n\nPengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .