TY - THES Y1 - 2019/12/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi pembelajaran kritik sastra berbasis web, menguji kelayakan materi pembelajaran kritik sastra yang dikembangkan, mengetahui persepsi peserta didik terhadap materi pembelajaran kritik sastra yang dikembangkan, dan menguji efektivitas materi pembelajaran kritik sastra berbasis web. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah research and development. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli kritik sastra dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskripif kualitatif, persentase, dan uji beda rerata skor. Hasil penelitian ini adalah produk berupa materi pembelajaran kritik sastra berbasis web yang diakses melalui web atau aplikasi Google Classroom dan flashdisk serta buku panduan penggunaannya. Materi yang dikembangkan meliputi materi e-book, karya sastra, contoh kritik sastra, langkah menulis kritik sastra, instrumen evaluasi, dan latihan kritik sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran kritik sastra berbasis web yang dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi kriteria sangat layak oleh ahli untuk digunakan dalam pembelajaran kritik sastra. Selain itu, materi pembelajaran kritik sastra berbasis web yang dikembangkan juga mendapat persepsi sangat baik dari peserta didik. Materi pembelajaran juga terbukti efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran kritik sastra. A1 - Kurniawan, Muhammad Ardi A1 - Surjono, Herman Dwi PB - Program Pascasarjana M1 - disertasi ID - UNY75575 AV - restricted TI - Pengembangan Materi Pembelajaran Kritik Sastra Berbasis Web. UR - http://eprints.uny.ac.id/75575/ ER -