%0 Thesis %9 S2 %A Irawahyuni, Siti %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2022 %F UNY:75567 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K snowball throwing, group investigation, motivasi belajar, dan hasil belajar. %T Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Group Investigation Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Tanah Tumbuh %U http://eprints.uny.ac.id/75567/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 4) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 5) manakah yang lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing atau model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dan 6) manakah yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing atau model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 3 sekolah yaitu SD Negeri No. 119/II Pedukun sebanyak 19 siswa (kelas eksperimen 1), SD Negeri No. 199/II Koto Jayo sebanyak 19 siswa (kelas eksperimen 2), dan SD Negeri No. 089/II Lubuk Niur sebanyak 19 siswa (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar dan tes Essay untuk mengukur hasil belajar. Data instrumen motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dianalisis dengan menggunakan analisis statistic inferensial uji Independent Sample F Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 3) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh, 4) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh. 5) pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh dibanding dengan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, dan 6) Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tanah Tumbuh dibanding dengan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.