relation: http://eprints.uny.ac.id/7555/ title: MODEL PENALARAN INTUITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA creator: Munir, Munir subject: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 description: Kurikulum pendidikan di Indonesia, telah memberikan isyarat yang tegas bahwa dalam belajar matematika siswa hendaknya dilatih untuk mempertajam aktifitas berpikir dan bernalarnya melalui proses penyelesaian masalah (termasuk pengambilan keputusan secara tepat dan cepat) dengan serangkaian aktifitas berpikir, diantaranya melibatkan berpikir imajinatif, prediktif dan intuitif. Beberapa model penelaran intuitif yang sering digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah model implicit (tacit), model diagrammatic, model analogy, dan model paradigmatic. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan karakteristik model penalaran intuitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Selalnjutnya peneliti memilih dua siswwa sebagai subjek penelitian yaitu BS mewakili kelompok siswa berprestasi tinggi dan NB mewakili kelompok siswa berprestasi sedang. Melalui kegiatan subjek dalam menyelesaikan masalah matematika dan dilanjutkan wawancara secara mendalam untuk mengungkap karakteristik model penalaran intuitif mereka. Secara umum model penalaran intuitif yang mereka gunakan dalam menyelesaikan masalah matematika diantaranya adalah model tacit/implisit, model diagramatic dan model analogy. Kata Kunci : Penalaran intuitif, menyelesaikan masalah. publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY date: 2012-11-10 type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/7555/1/P%20-%2027.pdf identifier: Munir, Munir (2012) MODEL PENALARAN INTUITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-12. ISSN 978-979-16353-8-7 relation: http://www.uny.ac.id