%0 Thesis %9 S2 %A AMELIANDARI, DEA RESTI %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2022 %F UNY:75548 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K hand puppet book berbasis health literacy, keterampilan pengambilan keputusan, karakter tanggung jawab, %T Pengembangan Hand Puppet Book berbasis Health Literacy untuk Meningkatkan Decision Making Skill dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD %U http://eprints.uny.ac.id/75548/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media hand puppet book berbasis health literacy yang layak untuk meningkatkan decision making skill dan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD di Kecamatan Semarang Tengah. (2) menguji keefektifan hand puppet book berbasis health literacy untuk meningkatkan decision making skill dan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD di Kecamatan Semarang Tengah. Penelitian pengembangan ini dilakukan mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba awal, 5) revisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Semarang Tengah. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Keefektifan media hand puppet book berbasis health literacy dalam meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan karakter tanggung jawab siswa dianalisis dengan skor N-Gain, normalitas, homogenitas, independent sample t-test, normalitas multivariat, homogenitas varian kovarian, dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media hand puppet book berbasis health literacy memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta memenuhi kriteria sangat layak. Selain itu hand puppet book berbasis health literacy dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD. Hasil skor N-Gain keterampilan pengambilan keputusan dan karakter tanggung jawab di kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t dan Uji MANOVA pada signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media hand puppet book berbasis health literacy dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan karakter tanggung jawab siswa kelas V secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p≤0,05).