<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan model sequential\r\nexplanatory. Subjek penelitian merupakan siswa kelas II SD berjumlah 251 siswa dan\r\nsiswa V SD berjumlah 230 siswa. SD yang dijadikan tempat penelitian terdapat di Jakarta\r\nSelatan dan Jakarta Pusat yang terdiri dari 4 (empat) SD yaitu 2 (dua) SD Negeri dan 2\r\n(dua) SD Swasta. Pengumpulan data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh\r\ndengan teknik angket, wawancara, dan observasi. Data kuantitatif dipersentasekan dan\r\ndisajikan dalam bentuk tabel dan bagan untuk mengukur dampak penggunaan gawai\r\nterhadap perkembangan sosial dan bahasa siswa, data diolah dan dianalisis dengan statistik\r\ninferensial sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif.\r\nTemuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama. Penggunaan gawai di kalangan\r\nsiswa SD telah dikenal sebelum memasuki TK, individu yang mengenalkan gawai adalah\r\norang tua siswa, gawai yang digunakan siswa adalah smartphone, fitur permainan adalah\r\nyang menarik bagi siswa, siswa lebih senang bersama teman dalam bermain gawai,\r\nintensitas penggunaan gawai siswa berkisar sampai 2 jam lebih dalam sehari, gawai\r\nmerupakan teman pengganti kesendirian, penggunaan gawai diatur oleh orang tua siswa di\r\nrumah, gawai digunakan untuk belajar dalam mata pelajaran, gawai dilarang digunakan di\r\nsekolah dan diperbolehkan di rumah, dan gawai digunakan guru untuk belajar di kelas.\r\nKedua. Ada dampak antara penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial siswa SD.\r\nHasil perhitungan melalui analisis regresi menunjukkan hasil perhitungan sebesar 0,000.\r\nHasil ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai siswa baik di rumah dan sekolah memberi\r\ndampak terhadap perkembangan sosial siswa. Siswa tetap mampu bersosialisasi dengan\r\nteman sebayanya yang ditunjukkan dengan memahami keadaan emosional temannya,\r\nsiswa dapat menerima dirinya dan dapat menjaga pertemanan, siswa mengenali pikiran,\r\nsikap, dan perasaan temannya dan membantu meningkatkan well being temannya. Ketiga.\r\nAda dampak penggunaan gawai terhadap perkembangan bahasa siswa SD. Hasil\r\nperhitungan melalui analisis regresi menunjukkan hasil perhitungan sebesar 0,001. Hasil\r\nini menunjukkan bahwa penggunaan gawai siswa baik di rumah dan sekolah memberi\r\ndampak terhadap perkembangan bahasa siswa. Kempat. Ada dampak antara profil\r\npenggunaan gawai terhadap perkembangan sosial dan bahasa siswa SD dimana terjadinya\r\nperubahan pada perkembangan sosial dan bahasa siswa kelas II dan V SD pengguna gawai\r\nmenunjukkan ada proses perubahan perkembangan yang terjadi."^^ . "2021" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "IVAN"^^ . "STEVANUS"^^ . "IVAN STEVANUS"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR (Text)"^^ . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75540 \n\nDAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .