@phdthesis{UNY75519, year = {2022}, title = {Pengaruh Tipe Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Tempuran}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {SELIA WAHYU KAEKSI}, month = {February}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tipe pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Tempuran. Penelitian ini merupakan tipe penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dimulai dengan analisis deskriptif, dilanjutkan uji asumsi prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk menjawab hipotesis digunakan Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA) dengan bantuan program IBM SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 2) model Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa 3) model Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 4) model Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa. 5) terdapat perbedaan yang signifikan antara model Teams Games Tournaments (TGT) dengan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, tipe Teams Games Tournaments (TGT) cenderung lebih besar pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. 6) terdapat perbedaan yang signifikan antara model Teams Games Tournaments (TGT) dengan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa, tipe Teams Games Tournaments (TGT) cenderung lebih besar pengaruhnya terhadap keaktifan belajar siswa.}, keywords = {model Teams Games Tournaments (TGT),model Student Team Achievement Division (STAD), kemampuan berpikir kritis, keaktifan belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/75519/} }