eprintid: 75516 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/07/55/16 datestamp: 2022-12-06 06:51:34 lastmod: 2022-12-06 06:51:34 status_changed: 2022-12-06 06:51:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SALIMI, MOH corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: PENDIDIKAN ECOLITERACY DAN SOCIAL SKILLS DI SEKOLAH ALAM ispublished: pub subjects: D1 divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted keywords: pendidikan, ecoliteracy, social skills, sekolah alam abstract: Pendidikan di Indonesia belum fokus mengembangkan kemampuan ecoliteracy dan social skills. Hal tersebut terjadi karena program pendidikan lingkungan hidup yang berhenti dan implementasi kurikulum pendidikan karakter yang kurang optimal. Di sisi lain, Sekolah Alam sebagai sekolah alternatif mampu mengembangkan ecoliteracy dan social skills secara terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pendidikan ecoliteracy di sekolah alam, (2) menganalisis pendidikan social skills di sekolah alam, dan (3) menemukan sistem ecosociopedagogy di sekolah alam. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus tipe eksploratoris yang berusaha mengungkap pendidikan ecoliteracy dan social skills di sekolah alam. Subjek penelitian adalah pengelola yayasan, kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa di Sekolah Alam Baturraden Kabupaten Banyumas, Sekolah Alam Lukulo Kabupaten Kebumen, dan Sekolah Alam Aqila Kabupaten Klaten. Data pada penelitian ini adalah data profil kemampuan ecoliteracy, social skills, pola pendidikan ecoliteracy, dan pola pendidikan social skills. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar studi dokumen. Teknik analisis data meliputi: mengolah data, membaca semua data, membuat coding, menerapkan coding, menyajikan deskripsi tema, dan melakukan interpretasi. Temuan penelitian ini meliputi: (1) pendidikan ecoliteracy merupakan pendidikan kolaboratif melalui metode pembelajaran tematik, proyek, dan outdoor untuk mengembangkan aspek kognitif, emosional, aktivitas, dan semangat terhadap lingkungan alam; (2) pendidikan social skills merupakan pendidikan kolaboratif melalui metode pembelajaran tematik, proyek, dan outdoor untuk mengembangkan aspek kerja sama, asersi, tanggung jawab, dan kontrol diri dalam lingkungan sosial; dan (3) ecosociopedagogy merupakan sistem pendidikan kolaboratif melalui metode pembelajaran tematik, proyek, dan outdoor untuk mengembangkan kemampuan ecolitercy dan social skills. Temuan pendidikan ecoliteracy, pendidikan social skills, dan sistem ecosociopedagogy dapat dijadikan rujukan dalam proses pendidikan yang mengembangkan kemampuan ecoliteracy dan social skills. date: 2022 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Dasar thesis_type: disertasi citation: SALIMI, MOH (2022) PENDIDIKAN ECOLITERACY DAN SOCIAL SKILLS DI SEKOLAH ALAM. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/75516/1/fulltext_moh%20salimi_17706261001.pdf