<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG"^^ . "Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran langsung\r\nyang ada di daerah berpotensi bencana saat ini, (2) menghasilkan model pelatihan kesadaran\r\nberbasis kognitif sosial untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana siswa, (3) menguji tingkat\r\nkelayakan model pelatihan kesadaran berbasis kognitif sosial hasil pengembangan, (4) menguji\r\ntingkat keefektifan model pelatihan kesadaran berbasis kognitif sosial, (5) menguji tingkat\r\nkepraktisan model Pelatihan Kesadaran berbasis kognitif sosial.\r\nPenelitian yang dilakukan merupakan jenis Research and development (R & D). Model\r\npengembangan yang digunakan mengacu pada modifikasi model pengembangan Borg & Gall oleh\r\nCunningham. Prosedur pengembangan yang sudah ditempuh meliputi 6 langkah, yaitu: (1)\r\nmengidentifikasi masalah, (2) analisis kebutuhan (3) merancang produk, (4) revisi produk, (5) uji\r\nlapangan, (6) Implementasi. Penelitian telah dilakukan pada subjek siswa SD kelas IV di daerah\r\nberpotensi bencana Erupsi Merapi di Kabupaten Magelang. Uji coba skala terbatas telah dilakukan\r\npada 31 siswa di Sekolah Dasar Negeri Banyubiru 1, ujicoba skala luas telah dilakukan pada siswa\r\n60 siswa di Sekolah Dasar Negeri Banyubiru 2, Sekolah Dasar Negeri Sawangan 1, dan Sekolah\r\nDasar Negeri Srumbung 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,\r\nwawancara, dan angket. Analisis data yang telah digunakan adalah analisis data kualitatif,\r\ndeskriptif persentase, uji paired t untuk uji skala terbatas, uji independent t test untuk uji skala luas.\r\nHasil penelitian menunjukkan: pertama, pembelajaran langsung di daerah berpotensi\r\nbencana: Belum ada pembelajaran secara terintegrasi, tersistem dan terstruktur, bersifat tambahan,\r\npendekatannnya masih berpusat pada guru, belum baku atau tersistem, masih diukur pada sebagian\r\naspek dan berorientasi pada pengembangan pengetahuan pribadi, belum memiliki instrumen\r\npendukung, belum ada pengukuran yang lebih komprehensif. Kedua, karakteristik produk berupa\r\nmodel pelatihan kesadaran berbasis kognitif sosial dengan karakteristik memiliki unsur utama\r\nyang terdiri atas: sintakmatik, sosial sistem, prinsip reaksi, unsur sistem pendukung, dampak\r\ninstruksional dan pengiring. Produknya yaitu model pembelajaran yang dihasilkan telah\r\nmemenuhi spesifikasi model pembelajaran yang ditentukan yaitu mampu melengkapi produk yang\r\nsudah ada dengan berfokus pada pengintegrasian kebencanaan secara tematik, berkontribusi dalam\r\npengetahuan, sikap dan keterampilan siswa sekolah dasar terhadap bencana, membangun\r\nkesadaran personal dengan berorientasi pada sosial. Ketiga, skor nilai rata-rata validasi model\r\ndinilai oleh validator memiliki skor 99,5 atau 83% yang berada pada kategori sangat valid.\r\nKeempat, keefektifan model pengaruh model pelatihan kesadaran berbasis kognitif sosial\r\nterhadap kesiapsiagaan bencana diukur pada skala luas dengan tiap-tiap variabel model memiliki\r\nangka signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa ho ditolak dan ha diterima,\r\nsehingga menyatakan bahwa terdapat perbedaan kesiapsiagaan siswa antara kelompok yang\r\ndibelajarkan dengan model pelatihan kesadaran berbasis kognitif sosial dan kelompok siswa yang\r\ndibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kelima, model pelatihan kesadaran\r\nberbasis kognitif sosial efektif digunakan dalam pengetahuan, sikap dan keterampilan\r\nkesiapsiagaan bencana siswa sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penerapan model\r\ndimana lebih dari 85% siswa telah mampu memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan selama\r\npembelajaran."^^ . "2022" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "RASIDI"^^ . "RASIDI"^^ . "RASIDI RASIDI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG (Text)"^^ . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL\r\nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA\r\nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75513 \n\nMODEL PELATIHAN KESADARAN BERBASIS KOGNITIF SOSIAL \nUNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA \nSD BERPOTENSI BENCANA DI KABUPATEN MAGELANG\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .